Biaya Izin Merk Dagang

Posted on

Mempunyai izin merk dagang sebetulnya gampang namun bila tidak paham maka kedengarannya susah, dan memang waktu untuk memperoleh keputusannya cukup lama sebab terdapat banyak hal yang musti diperiksa lebih dulu. Supaya memperoleh izin maka Kamu musti memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Sejumlah persyaratan supaya dapat mengajukan kepunyaan merk dagang diantaranya, mempunyai nama merk yang belum terdaftar lalu tuliskan untuk menjadi etiket merk sebanyak 20 lembar, jadi janganlah sekedar memberi sebuah contoh nama merk. Jangan cuma menuliskan nama mereknya saja, musti lengkap dengan logo serta warna-warna yang bakal dipergunakan.

Pendaftaran Merek Dagang

Persyaratan yang lainnya ialah mengisi formulir pendaftaran merk, menentukan jenis dan kelas barang yang bakal diberikan merk, membayar biaya registrasi, surat pernyataan hak, surat kuasa bila meminta bantuan dari konsultan, fotokopi KTP, bila badan hukum maka yang diberikan fotokopi NPWP badan hukum, serta akta pendirian badan hukum. Menyangkut cara mendaftarkan hak paten merk lebih lengkapnya bakal dibahas berikut ini. Biaya izin merk dagang terbagi-bagi sebab terdapat banyak hal yang musti diurus.

Biaya permohonan tiap satu merk yang dibagi dari 10 jenis barang. Saat ini menyangkut cara mengurus merek dagang ataupun meminta hak akan merk ialah sehabis mempunyai semua persyaratan maka Kamu dapat memberi semua itu pada Ditjen HKI yang tempatnya berada di Jln. H.R Rasuna Said Kav. 8-9, Kuningan, Jakarta Selatan. Sehabis itu mereka bakal memantau semua kelengkapannya serta mempertimbangkan apakah merk dagang yang Kamu ajukan diterima atau tidak lihat sumbernya langsung ya disini.

Hak Paten

Bila rupa-rupanya merk yang Kamu ajukan telah dimiliki haknya oleh orang lain maka request Kamu tentu bakal ditolak. Proses in bakal berjalan didalam waktu yang lama, bisa sampai dengan 24 bulan. Jadi Kamu musti sabar menunggu. Tapi, bila Kamu tidak ingin mengurus sendiri permohonan izin merk dagang maka boleh minta bantuan jasa dari konsultan hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar secara resmi. Mereka bakal bertanggungjawab secara penuh didalam proses ini. Tapi memang biaya jasanya cukup mahal, malah lebih mahal daripada biaya untuk mendaftar merek. Itu dia seberapa besar biaya izin brand dagang yang wajib Anda keluarkan. Bila Kamu menganggapnya mahal maka cobalah pertimbangkan lagi, daripada dengan tanpa merek, bisnis Kamu bakal lebih berkembang serta untung bila telah mempunyai merk.

Disamping itu, izin ataupun hak atas merk ini juga bakal berlaku hingga 10 tahun jadi biaya sebesar itu tidak bakal  sering Kamu keluarkan. Mempunyai izin dari merek pun bakal melindungi Kamu dari semua hal yang berkaitan dengan pelanggaran hukum didalam kasus HAKI. Masih akan bilang harganya mahal? Cara memperoleh izin merk sama juga dengan langkah daftar haki  yang lain. HAKI di sini ialah Hak Atas Kekayaan Intelektual, yang masuk didalam hal ini dapat berupa penemuan, karya, produk, jasa, atau lain sebagainya. Jadi, bila Kamu mempunyai hal lain yang Kamu buat selain merk, semisal Anda mempunyai lagu, tulisan, penemuan, aplikasi android, atau apa pun lebih baik daftarkan secepatnya haknya pada Ditjen HKI supaya Kamu sah yang menjadi pemiliknya serta tidak bakal bisa diklaim oleh pihak lainnya. Demikianlah informasi yang dapat dibahas seputar biaya izin merk dagang dan informasi seputar persyaratannya, prosesnya, serta keuntungannya bila mempunyai hak ataupun izin dari sebuah merk dagang. Mudah-mudahan Kamu mengerti, serta pembahasan ini bermanfaat https://www.hakkekayaanintelektual.com/syarat-pendaftaran/

One thought on “Biaya Izin Merk Dagang

Leave a Reply

Your email address will not be published.