Manfaat Biji Duku untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat biji duku cukuplah menarik, kita tahu bahwa duku adalah jenis buah-buahan yang datang dari suku Meliaceae. Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan buah langsat, celoring, dan pisitan. Duku datang dari Asia Tenggara bagian barat, pada umumnya beberapa bagian dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat. Misalnya biji duku yang pahit dapat dibuat obat cacing dan juga obat demam secara ditumbuk dan dicampur dengan air. Menjadi obat malaria dan malaria dengan memakai kulit kayunya, kemudian tepung dari kulit duku bisa dijadikan obat akibat gigitan kalajengking. Kulit dari buah duku yang dikeringkan bisa digunakan menjadi obat pengusir nyamuk di Filipina dan kulit buahnya pun dapat dipakai sebagai obat diare.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 100 gram buah duku dengan jumlah yang dapat dikonsumsi 64 %, didapatkan kandungan energy sebesar 63 kkal, karbohidrat 16,1 gr, protein 1 gr, kalsium 18 mg, lemak 0,2 gr, zat besi 1 mg dan fosfo 9 mg. selain itu di dalam buah duku terdapat kandungan vitamin A 0 IU, vitamin C 9 miligram, dan vitamin B1 sebanyak 0,05 miligram.

Perbanyakan buah duku biasanya dengan biji, secara sengaja dikumpulkan bijinya, kemudian disemaikan. Adapula yang mengumpulkan cabutan semai spontan dari pohon induknya, tetapi cara tersebut memakan waktu yang lama, karena harus menunggu pohon induk hingga 20-25 tahun baru pohon ini menghasilkan dan belum dapat dipastikan kualitasnya sama dengan induknya.

Duku mempunyai nama latin Lansium domesticum Corr, biji dari buahnya dengan cara empiris sudah diyakini oleh masyarakat Kalimantan mempunyai khasiat menurunkan demam. Namun khasiat tersebut perlu dikaji dan dibuktikan kenyataannya dengan pendekatan ilmiah, sampai kita dapat mengetahui khasiat yang sebetulnya. Kemudian riset ini pun dilakukan dan tujuannya untuk mengetahui potensi yang ditampakkan oleh biji buah duku menjadi obat penurun panas atau antipiretik.

Antipiretik berkerja menjadi penghambat rutinitas enzim siklooksigenase yang mengkatalisis reaksi pembentukan prostaglandin yaitu senyawa yang bisa merangsang pemanfaatan suhu tubuh. Dengan mengetes ekstrak etanol biji buah duku kepada 30 ekor tikus yang sudah didemamkan dengan penyuntikan vaksin sudah menunjukan jika ektrak tersebut mampu mencegah suhu tubuh tikus putih jantan.